Buku-Buku Untuk Persiapan UKDI

Buku-buku yang ada untuk UKDI tidaklah banyak, so far yang aku nemu/tahu/dengar cuma ada 2: “UKDI Ready” (aka. ukdi ready) dan “Target 100% Lulus UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia)” (aka. buku hijau). Kedua buku ini bisa didapatkan dari dua tempat: Gramedia (asli, jujur) dan rumah teman (bajakan, niat ngirit so fotokopi).

UKDI Ready
Harga: Rp. 72.600,- (beli di gramediaonline.com Rp. 61.710,- – lumayan ngirit 15%)

Product ID gramediaonline.com: 697164
ISBN: 9789790750906
Author: Hengki Ferdianto
Date Published:2009
Type: SOFT COVER
No. of Pages: 281
Dimensions (cm): 19.5 x 25

Contoh soal&pembahasan:
Seorang pasien berusia 5 tahun mengalami mata merah, batuk, dan demam. Beberapa hari kemudian muncul ruam-ruam kemerahan di belakang telinga, muk, dada, dan tubuh. Secara sepintas, penyakit tersebut bisa dicegah pada saat bayi sampai usia 12 bulan agar gejala klinisnya tidak serius dengan cara…
a. imunisasi DPT 1, 2, 3 saat usia 2-13 bulan
b. imunsasi polio 1, 2, 3, 4 saat usia 2-12 bulan
c. imunisasi hepatitis B saat usia 11-12 bulan
d. imunisasi BCG saat lahir sampai dengan usia 12 bulan
e. imunisasi campak saat usia 9 bulan

Pembahasan & Jawaban
Jawaban: E
Gejala yang disebutkan ialah gejala dari campak. Diagnosis campak dibuat atas dasar kelompok gejala klinis yang saling berkaitan, yaitu koriza atau mata beradang disertai batuk dan demam yang tinggi dalam beberapa hari, dan diikuti dengan timbulnya ruam mukopapular. Ruam timbul diawali dari belakang telinga kemudian menyebar ke muka, dada, tubuh, lengan dan kaki.
Pada saat ini, di negara berkembang, angka kejadia campak masih tinggi dn sering kali dijumpai penyulit, maka WHO menganjurkan pemberian imunisasi campak pada usia 9 bulan. Di negara maju, imunisasi camak dianjurkan pada usia 12-15 bulan.
Referensi: Pedoman Imunisasi di Indonesia, 2005, hal 121-122.

Rating (out of 5): 
My Comments: Banyak soal-soal UKDI yang keluar mirip (sangat mirip), bahkan kadang-kadang sama, dengan soal-soal yang ada di buku ini. Pembahasannya cukup lengkap dan mudah dimengerti. Variasi soal-soalnya juga baik, so lumayan banget untuk latihan. Kekurangan buku ini adalah kunci jawaban dan pembahasan dicantumakan dihalaman beakang (setelah setiap paket soal). IMO, agak repot, bolak-balik halaman kalau mau lihat jawaban dan pembahasan setiap ngejawab 1 soal. Buku ini sangat reccomended.


Target 100% Lulus UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia)
Harga: Rp. 88.000,- (beli di gramediaonline.com Rp. 74.800,- – ngirit 15%!)
Product ID gramediaonline.com: 730659
ISBN: 9797954145
Author: Nurfanida Librinaty
Date Published:2011
Type: SOFT COVER
No. of Pages: 484
Dimensions (cm): 18 x 24 cm
Contoh soal&pembahasan:
Seorang anak perempuan berusia 3 tahun datang ke tempat praktik dokter dengan keluhan pucat seluruh badan. Keluhan disertai lemas, lesu, tidak mau makanm dan tidak mau minum susu. Pada pemeriksaan vital sign dalam batas normal. Berat badan 10 kg dan tinggi badan 90 cm. Dari pemeriksaan fisik ditemukan, konjungtiva palpebra pucat, telapak tangan dan kaki picat, tidak ikterus, dan tidak ada pembesaran kelenjar getah bening. Pada pemeriksaan laboratorium didapatkan, hemoglobin 6g/dL, lekosit 10000/mm3, trombosit 200.000/mm3, MCV=76, MCH=25, MCHC=30 dan RDW=15%. Diagnosis yang mungkin pada pasien ini adalah…
a. Anemia aplastik
b. Anemia hemolitik
c. Anemia defisiensi besi
d. Anemia defisiensi folat
e. Anemia karena perdarahan

Pembahasan:
Manifestasi klinisyang ditemukan adalah:

  • Keluhan pucat seluruh badan disertai lemas, lesu, tidak mau makan dan tidak mau minum susu
  • Konjungtiva palpebra pucat, telapak tangan dan kaki pucat
  • Tidak ikterus dan tidak ada pembesaran kelenjar getah bening.
  • Hemoglobin 6 g/dL, leukosit 10000/mm3, trombosit 200.000/mm3,  MCV=76, MCH=25, MCHC=30, dan RDW=15%.

Hal-hal tersebut merupakan gejala klinis dari anemia defisiensi besi yaitu dengan ditemukannya gejala umum anemia, kadar Hb < 10g/dL, MCV < 79, MCHC < 32%, mikrositik, hipokromik, poikilositosis dan sel target.

Jawaban: C (Buku Kuliah Ilmu Kesehatan Anak 1, hal. 435)

Rating (out of 5): 

Komentarku: Kalau dibandingkan dengan UKDI Ready, buku ini lebih baru (2 tahun setelah UKDI Ready) dan memiliki koleksi soal lebih banyak. Pembahasan dan jawaban juga langsung dicantumkan setelah masing-masing soal jadi kamu ga perlu bolak-balik halaman hanya untuk melihat jawaban dan pembahasan (UKDI Ready). Saat saya Try Out dan UKDI, ada beberapa soal yang keluar dari buku ini. Soal-soal yang keluar tidak sama, tapi yah, miriplah. Kekurangan buku ini adalah ada beberapa soal yang jawabannya salah (entah itu salah ketik atau memang jawabannya salah), jawabannya tidak konsisten dari satu soal ke soal yang lain (dua soal yang sama bisa punya jawaban yang berbeda), dan pembahasannya kurang baik (tidak lengkap, bahka terkadang tidak nyambung). Bagaimanapun juga, ga rugi kalau mau beli buku ini, hitung-hitung nambah koleksi soal buat latihan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s