UKDI: Sekilas, Persyaratan & Persiapan

Seluruh dokter lulusan FK diwajibkan untuk mengikuti UKDI guna mendapatkan Sertifikat Kompetensi. Surat ini nantinya digunakan utuk membuat Surat Tanda Registrasi. UKDI sendiri sudah mulai diadakan sejak setelah tahun 29 April 2007. Bagi lulusan FK sebelum tanggal tersebut, dilakukan pemutihan, artinya tidak perlu ikut UKDI.

UKDI pertama dilaksanakan tanggal 27 Juni 2007, saat itu dilaksanakan di 8 lokasi ujian (tidak termasuk UNUD) dan diikuti sebanyak 262 peserta.

Artikel ini dibuat untuk sedikit sharing pengalaman dengan TS yang akan mengikuti UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia). Berikut akan dibahas persyaratan UKDI serta hal-hal yang sekiranya perlu dipersiapkan. Artikel ini sebenarnya dibuat khususnya untuk TS dari FK Universitas Udayana, jadi kalau ada hal-hal yang serupa tapi tak sama, mohon dipermaklumkan.

Persyaratan UKDI

(dikutip dari http://nace.ukdi.org/)
  • Peserta yang dapat mengikuti Uji Kompetensi Dokter adalah: dokter lulusan fakultas kedokteran/ PSPD yang akan memerlukan Sertifikat Kompetensi Dokter.
  • Pedoman Pendaftaran
  • Melakukan registrasi online pada website KBUKDI dengan alamat ini.
  • Mengirimkan berkas pendaftaran UKDI dengan urutan sbb :
    • Pasfoto terbaru (6 bulan terakhir) berwarna dengan latar belakang merah  ukuran 4×6 (6 lembar), 3×4 (5 lembar), 2×3 (2 lembar), dan dalam melakukan registrasi online harap disiapkan pasfoto terbaru dalam bentuk digital (jpg / jpeg) dengan ukuran 600×800 pixels dan ukuran file maksimum 1MB
      Diharapkan membuat pas foto terbaru sesuai ketentuan. Ingat menulis nama dan asal FK pada sisi belakang semua pas foto kamu. Pas foto lebih baik dijadikan satu dan dimasukkan kedalam plastik (seperti plastik obat) agar tidak tercecer.
      Pasfoto digital yang dimaksud adalah pasfoto anda (sesuai dengan syarat diatas) dalam format digital/file – JPEG/JPG dengan ukuran 600 x 800 pixels dan ukuran file dibatasi maksimal 1 MB. Kalau tidak tahu cara resize, minta bantuan temanmu atau ada tutorial online yang dapat dibaca: dengan adobe photoshop (tutorial 1 atau tutorial 2 lagi dan Microsoft Office Picture Manager (tutorial 1 ataututorial 2).
    • Fotokopi bukti identitas (KTP/SIM/Paspor)
      Sudah jelas. Mohon juga diperhatikan jika resgitrasi online, gunakan data (nama, TTL, dll) yang sesuai dengan bukti identitas yang digunakan. Cek masa belaku kartu identitasmu, jangan sampai sudah expired.
    • Lembar Konfirmasi (cetak setelah registrasi online)
      Waktu aku mendaftar UKDI dulu, ada 2 buah lembar konfirmasi: 1). lembar konfirmasi adalah halaman websiteyang muncul setelah sukses mengisi form online (ada judul LEMBAR KONFIRMASI & harap cetak halaman ini). Halaman ini di save (CTRL+S) dan kemudian di print; dan 2). halaman pertama PDF yang didownload (ada judulnya “LEMBAR KONFIRMASI). Masih rancu yang mana sebenarnya lembar konfirmasinya. Buat jaga-jaga, print saja keduanya.
    • Ijazah sementara atau Surat keterangan lulus yudisium
      Surat ini dapat diperoleh di fakultas masing-masing. Tentu saja, yang dikirim adalah kopian yang sudah dilegalisir. Di FK UNUD, surat ini bisa diperoleh di bagian pendidikan setelah yudisium dokter.
    • Daftar Isian Surat Keterangan Sehat Bagi Dokter (download Surat Sehat)
      Daftar isian ini digunakan untuk memohon Surat Keterangan Sehat Fisik dan Mental kepada dokter. Isilah sejujurnya. Bagi fresh graduate seperti kita, hal-hal yang belum dapat diisi seperti “No. Registrasi KKI”, atau “Keterangan Tempat dan Jenis Praktek” tidak perlu diisi. Pada lembar terakhir, surat diberi tandatanganmu diatas materai Rp. 6.000,-.
    • Surat Keterangan Sehat Fisik dan Mental (download Surat Sehat)
      Daftar Isian Surat Keterangan Sehat Bagi Dokter yang kamu buat diberikan ke dokter (dengan SIP), kemudian dokter akan memeriksamu dengan menyesuaikan dengan data-data pada Daftar Isian tersebut. Hasil pemeriksaan akan dituangkan ke Surat Keterangan Sehat Fisik dan Mental yang kemudian ditandatangani (dan dicap biasanya) dokter tersebut serta mencantumkan nomor SIPnya (ini penting).
    • Bukti setor biaya STR -asli-, Rp  250.000, disetorkan ke rekening Bank BNI Cabang Melawai Raya Kebayoran Baru Jakarta Selatan  No 93.20.5556 a/n Bendahara Penerimaan Konsil Kedokteran Indonesia
      Sebelum mendaftar online, diwajibkan untuk melakukan setoran biaya pendaftaran terlebih dahulu, karena dalam pengisian form pendaftaran terdapat kolom nama KCP/KCU setoran dan kode/nomor referensi/transaksi. Pembayaran bisa dilakukan dengan setoran langsung (di Teller KCU/KCP Bank BNI). Jangan lupa tanyakan teller/petugas banknya untuk minta nama KCP/KCU Banknya dan kode/nomor referensi/transaksi (nomor ini digunakan untuk mendaftar online). Ada beberapa KCP di Denpasar, Bali yang buka hari Sabtu dan Minggu. Salah satunya, bisa dicoba, KCP Diponegoro, di pertokoan seberang Ramayana, Jl. Diponegoro (lokasi Bank persis diseberang Moena Fresh). Bukti setoran yang kamu terima adalah yang berwarna merah muda. Rp. 250.000,- ini digunakan untuk mengurus STRmu nanti setelah lulus UKDI. Jika tidak lulus, uang ini akan disimpan untuk keperluan tersebut sampai kamu lulus UKDI.
    • Formulir pendaftaran 1A  (cetak setelah registrasi online)
      Form 1A adalah halaman kedua-dst dari PDF yang didownload setelah registrasi online. Form ini berisikan data-data yang diinput tadi saat registrasi online. Cek ulang datanya, yakinkan tidak ada salah dalam pengisian. Setelah diperiksa, tandatangan pada bagian “Yang membuat pernyataan”. Bagian “Data dari Kolegium” tidak diisi.
    • Formulir pendaftaran 1B  (cetak setelah registrasi online)
      Form 1B adalah halaman terakhir dari PDF yang didownload setelah registrasi online. Form ini adalah surat pernyataan yang akan digunakan untuk mengurus STR nantinya. Bagi fresh graduate, hal-hal yang tidak bisa diisi, tidak usah diisi; seperti: “NIP/NRP/NRPTT”, “Status Kepegawaian”, “Nomor Ijazah” (bagi yang belum mendapatkan ijazah). Form ini ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,-.
    • Bukti setor biaya Uji Kompetensi Dokter Indonesia -asli- sebesar Rp  300.000,- per peserta yang disetorkan melalui Bank BNI Cabang Menteng  no. Rekening 149.112.966 atas nama PB IDI-KDI
      Sama dengan yang sebelumnya pmbayaran dilakukan sebelum mendaftar online, Rp. 300.000,- ini digunakan untuk mendaftar UKDI.
  • Semua dokumen dimasukkan ke Amplop berwarna Coklat polos, ukuran A4 dan dibagian muka dituliskan nama dan asal FK peserta dan dikirim ke Sekretariat KBUKDI
    Semua dokumen disusun sesuai urutan yang disebutkan diatas, diclip pada sisi kiri atas denganbinder clip ukuran 105 (ada berbagai pilihan merk, seperti Kenko atau Okaito. Harganya Rp. 2.000-3.000,-/box, 1 box isi 12 buah).
    Alamat sekretariat KBUKDI: Jl.GSSY. Ratulangie No.29 Jakarta 10350
  • Peserta yang telah mendaftar tidak dapat membatalkan keikutsertaannya. Biaya dan dokumen pendaftaran tidak dapat dikembalikan oleh KBUKDI
    Sudah jelas.
  • Pendaftaran dianggap sah bila telah melengkapi semua dokumen yang disyaratkan dan telah membayar biaya Uji Kompetensi
    Sudah jelas.

 

Persiapan UKDI

(khusus TS FK UNUD)
Jadwal UKDI
Satu tahun diadakan 4 kali (Februari, Mei, Agustus, November), jadwal bisa langsung dilihat di website KBUKDI.

Administrasi & Birokrasi
Fakultas tidak ikut serta dalam mengurus TS dalam mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan kecuali hal-ha yang bersifat administratif, misal: legalisir, surat-surat, surat pengantar form-form registrasi, dll. Tidak bisa menyalahkan juga, TS sudah dewasa dan semustinya bisa mengurus hal-hal seperti ini sendiri. Saranku, tunjuk sebah tim kecil yang bertanggung jawab untuk pada akhirnya mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran, me-lobby ke fakultas jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, dll. Tujuannya agar semua hal yag diurus lewat satu pintu supaya lebih well-organized dan mencegah isyu-isyu/hal-hal yang menyesatkan.

Kirim-Mengirim
Berkas biasanya dikumpulkan oleh tim kecil angkatan yang akan mengikuti UKDI sekaligus. Biasanya dimasukkan kedalam kotak dan didampingi oleh surat rekomendasi dari FK UNUD. Bagi yang mau mengirim sendiri boleh saja, tapi perhitungkan kemungkinan ‘tercecer’.

Bimbingan
Fakultas akan mengadakan bimbingan intensif dari seluruh bagian/smf. Diharapkan angkatan TS berkoordinasi dengan fakultas mengenai waktu dan tempat bimbingan. Biasanya diadakan 2-3 minggu sebelum UKDI. Bimbingan biasanya akan membahas prediksi soal, soal-soal sulit yang keluar saat TO dan soal-soal terdahulu. Jadi, sangat disarankan untuk bertanya! Sangat disarankan untuk ikut bimbingan!


Persiapan
Tidak ada yang spesial dari persiapan untuk UKDI. Cukup belajar dari soal-soal terdahulu dan buku-buku UKDI yang beredar. Pertimbangkan untuk belajar dengan kelompok kecil. 

Pengumuman Keikutsertaan
Pengumuman terdaftar UKDI dan lokasi ujian bisa dilihat di website KBUKDI(atau di sini) 7 hari sebelum hari pelaksanaan.

Lokasi UKDI di FK UNUD
Dilaksanakan di dua tempat: Lab bersama (gedung utama FK UNUD lantai 4) dan gedung PSIK.

Technical Meeting & Kartu Peserta Ujian
Biasanya dilaksanakan 1 hari sebelum UKDI di lokasi/tempat ujianmu. Diaharapkan datang berpakaian rapih (tidak memakai kaos, jeans, sandal) dan membawa kartu identitas yang digunakan sata mendaftar. Selain mengambil kartu ujian, disini juga dijelaskan tentang aturan-aturan Ujian, jam dilaksanakannya ujian dan penggunaan/demo CBT (ujian berbasis komputer).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s